Internet Sehat?? Sudah Saatnya :)

Suatu hari di ruang tamu….. “Kak, aku punya tugas nih!” sahut Anzari. “Tugas apa dek?” balas  Ilham. “Ini kak, tadi guru suruh menulis naskah pidato” lanjut Anzari. “Kok tidak cari di internet dek?” jawab Ilham. “Memang bisa yah kak? Bukannya internet cuma bisa dipake main game kak?” bingung Anzari. *SeketikaHening*

Yahhh…. Anzari tampaknya hanya mengetahui sedikit mengenai internet dan belum mengetahui hal-hal positif dari internet. Di zaman modern ini, pelajar memang identik dengan internet. Internet sangat memberi efek positif pada pelajar. Akan tetapi, pelajar yang menggunakan internet untuk hal-hal positif sangatlah sedikit. Mungkin yang telah menggunakan internet untuk hal-hal positif hanyalah Duta Insan dan beberapa pelajar lainnya yang dapat dihitung jari jumlahnya. 

^^Mengapa hal ini dapat terjadi?^^

Jawabannya hanya satu, pelajar kurang paham mengenai internet sehat. Yahhh,,, internet sehat. Mendengar kata internet sehat timbul pertanyaan selanjutnya…

^^Apa itu internet sehat?^^

Internet sehat adalah segala aktifitas positif yang dilakukan di dunia internet yang memiliki nilai positif bagi semua pengguna internet. Internet sehat berbicara tentang segala akses dalam internet yang digunakan tanpa mengakses konten-konten negatif. Internet sehat juga berbicara tentang penggunaan internet dalam hal-hal positif. Sudah jelas kan tentang internet sehat?? Sekarang kita akan berbicara lebih jauh mengenai internet sehat. Coba simak percakapan 2 pelajar berikut….
  
Suatu hari di ruang kelas…… “Wi-fi sekolah aktif nih, main facebook dulu ahhh” kata Nadia. “Mau ngapain di facebook?” sahut Sena. “Hellloo?? Hari gini nggak tau facebook?? Kudet lohh” lanjut Nadia. “Terus apa coba yang lo lakuin di facebook?” Tanya Sena. “Banyak banget lahh, update status, upload foto, ngeLike status, main game facebook, bisa juga chat ama gebetan. Pokoknya kalo buka internet, langsung aja buka facebook” tegas Nadia. “Memang itu penting yah?” bingung Sena. *SeketikaHening*

Pada dialog ini, Nadia merasa asik dengan facebooknya dan mungkin lupa akan hal-hal positif yang lebih berguna pada internet. Yahh ini adalah fenomena yang sering kita dapatkan didalam dunia pelajar sekarang ini. Mayoritas pelajar sibuk dengan sesuatu yang tidak penting dan lupa akan sesuatu yang amat penting. Kita hanya menghabiskan waktu dengan hal-hal yang tidak jelas manfaatnya.
  
Contohnya pada dialog kedua, Nadia begitu asik dengan facebooknya, update status seperti “UdAch MkaN Ciangg Nich,, Lanjut BOBO… HeLLOW LAhaN MimPikuu”, terus upload foto seksi yang tentunya kurang baik, teruss ngeLike status yang tidak penting, terus main game yang absurd, terus chat masalah kegalauan, terusss dan teruuussss TIDAK PENTING. Memang tidak ada salahnya melakukan hal-hal tersebut di internet. Akan tetapi hal-hal tersebut akan menjadi jembatan yang akan menjerumuskan kita pada internet yang tidak sehat dan berbahaya.

^^Bagaimana bisa hal ini dapat terjadi?^^

Tidak bisa kita pungkiri, jejaring sosial seperti facebook  yang begitu populer di kalangan pelajar itu dirusak oleh hal-hal negatif yang terdapat didalamnya seperti konten pornografi. Hal ini tentu akan merusak moral pelajar selaku generasi penerus bangsa. Selain itu, mengumbar data pribadi seperti foto pribadi apalagi foto pribadi yang mencolok akan membuat kita menjadi sasaran kejahatan penculikan yang marak terjadi akhir-akhir ini.

^^Lantas apa yang harus kita lakukan untuk mencegah dampak negatif ini terjadi?^^


INTERNET SEHAT adalah jawaban absolut. Sudah saatnya kita sebagai pelajar penerus generasi bangsa menggunakan dan memanfaatkan internet untuk hal-hal positif. Marilah kita mulai berbagi hal-hal positif dalam internet. Misalnya berbagi tugas sekolah seperti karya tulis ilmiah melalui blog. Bisa kita bayangkan jika kita tidak mencari reverensi terlebih dahulu sebelum mengerjakan tugas. Pasti kita akan mendapatkan batu ganjalan dalam mengerjakan tugas sekolah kita. Blog ini adalah salah satu pengimplementasian internet sehat. "NgeBlog" itu tidak susah. Ada banyak komunitas blogger di seluruh Indonesia, contohnya Komunitas Blogger Pelajar Maroshttp://www.buttasalewangang.com ) untuk wilayah Maros. Dengan adanya komunitas-komunitas tersebut, kita tentu akan mudah didalam "ngeBlog" :)

 Internet juga harus kita menfaatkan sebagai tempat untuk mendapatkan informasi maupun reverensi yang bermanfaat. Buang kebiasaan buruk kita yaitu membuang waktu dengan membuka hal-hal yang tidak jelas didalam internet. Ada banyak web yang sangat bermanfaat seperti MAROSINFO.COM ( http://marosinfo.com ) sebagai reverensi bagi masyarakat Maros. 

Selain itu, marilah kita belajar dengan menggunakan wadah internet.  Apa salahnya kita mencoba menjadikan internet sebagai wadah untuk berdiskusi mengenai pelajaran yang dibahas disekolah? Tidak ada kan? ada banyak web/forum pendidikan yang bisa dengan mudah kita dapatkan pada internet. Web/forum ini tentunya sangat membantu kita dalam menambah ilmu pengetahuan kita. Contohnya eLearning Pendidikan ( http://elearningpendidikan.com ). eLearning Pendidikan adalah contoh pengimplementasian internet sehat dimana kita dapat belajar dengan cara berbeda. Kita tidak perlu tegang menghadapi guru, kita tidak perlu duduk siap dalam menerima pelajaran, dan tentunya kita tidak perlu ada di dalam kelas jika ingin belajar melalui eLearning Pendidikan.

Guyss... Sudah sangat jelas bahwa INTERNET SEHAT sangan bermanfaat bagi para pelajar. Kita tidak perlu melakukan hal-hal yang tidak jelas dalam internet. Kita hanya perlu membuka mata kita, hati kita, dan pikiran kita untuk memahami bahwa INTERNET SEHAT lah yang tepat.

Oleh karena itu, kini sudah saatnya kita selaku pelajar penerus generasi bangsa harus mengimplementasikan "Internet Sehat" KARENA…..

“Internet sehat menambah ilmu kita
Wawasan luas bermakna
Internet sehat semua jadi dekat
Menuju keajaiban dunia”
*kutipan lagu “Internet Meraih Dunia #KOMINFO”

Posted by :: Muh. Aminuddin ( SMA Neg. 1 Maros )

18 komentar:

  1. Wahh artikel yang menarik :D memang internet sehat udah pantas untuk dikumandangkan :D blognya bermanfaat ;;) lanjutkannn *SBY

    BalasHapus
  2. Mantap blognya gan!! Ngebantu bnget buat tugas artikel dskolah :D matur nuwun :)

    BalasHapus
  3. Post gambarnya juga lucuu :D meme komik alliance yahh??

    BalasHapus
  4. Internet sehat yah?? Mantap tuh... Saya juga punya blog nihh nengamni.blogspot.com kunjungi yahh :))

    BalasHapus
  5. @JaenalMarzuki :: iahh meme komik :D gabung aja di grup meme komik facebook :)

    BalasHapus
  6. @AmniNur :: iah sudah.. blognya bagus :)

    BalasHapus
  7. Subhanallah... saya berharap smoga artikel ini mmpu mnginspirasi para pembacanya trutama pada pemuda dan pemudi... karena ketahuilah suatu bangsa bergantung pd gnerasi mudanya, jika generasi muda mati rasa, maka matilah bangsa...

    BalasHapus
  8. Aamiiinn :) iyaa makasih komentar nya, sngat membangun :)

    BalasHapus
  9. Foto internet sehatnya juga mantap gan!! Emangnya kamu pejuang internet sehat apa tiap orng dibayar?? Haha:D

    BalasHapus
  10. Hahaha biasa aja... itu minta foto doang trus skalian deh saya jelaskan tntang internet sehat :D

    BalasHapus
  11. gua copastt yahh #wkwk gaya pnulisan lo bgus nihh.. diawali dialog ::D ohhiya btw promote nihh di twitter @MemeCOMIK :D

    BalasHapus
  12. silakan asal copast smua (termasuk gambarnya supaya tambah followers :D) ohhyaa itu namanya LEAD supaya artikel lbih mnarik (ehh jadi guru nihh hahaaha) promote?? bayarr dongg!!

    BalasHapus
  13. Sipdahh... yaelah ntar gua promote juga akun lo :D

    BalasHapus